Atasi Anemia Aplastik Dengan Toko SehatQ, Lebih Mudah dan Cepat


Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang seseorang salah satunya adalah anemia Aplastik. Ini merupakan salah satu kelainan dara cukup langka. Biasanya akan menyerang seseorang apabila sumsum tulang belakang tidak mampu memproduksi sel darah yang cukup. Seperti yang sudah kita ketahui, darah sendiri terdiri dari beberapa sel. 

Adapun sel-sel tersebut adalah sel darah merah dimana berisi protein hemoglobin buat mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit maupun infeksi dengan cara menyerang kuman yang sudah masuk ke dalam tubuh. Serta ada trombosit untuk membantu menghentikan pendarahan. 

Adapun sel darah tersebut akan diproduksi oleh sumsum tulang. Tetapi pada pasien penyakit anemia Aplastik, sumsum tulang mereka tidak mampu memproduksi salah satu atau semua sel yang ada diatas. Jika penyakit tersebut tidak memperoleh penanganan lebih lanjut, maka para pasien akan mengalami gangguan fungsi dan kehilangan banyak nutrisi. 

Bagaimana gejala dari penyakit anemia Aplastik

Adapun beberapa gejala yang timbul dari anemia Aplastik yang dijelaskan oleh sehatq biasanya tergantung dengan jenis sel darah yang tidak mampu diproduksi. Apabila sel darah yang tidak diproduksi merupakan sel dara merah, maka pasien akan menunjukkan beberapa gejala diantaranya adalah

  1. Pasien akan lebih mudah lelah walaupun melakukan aktivitas yang tidak berat 
  2. Mengalami sesak napas 
  3. Kepala akan terasa pusing 
  4. Detak jantung menjadi tidak teratur 
  5. Hingga kulit berubah menjadi pucat. 

Sedangkan pasien yang kekurangan sel darah putih akan menunjukkan gejala dimana cenderung lebih mudah dalam terkena infeksi hingga mengalami demam berulang-ulang. 

Apabila seorang pasien kekurangan trombosit maka akan menunjukkan beberapa gejala seperti 

  1. Kulit menjadi lebih mudah memar dan mengalami pendarahan dimana sulit untuk dihentikan 
  2. Mengalami mimisan 
  3. Darah yang terdapat pada feses 
  4. Gusi mengalami pendarahan 
  5. Pendarahan ketika tengah menstrusasi yang cukup berat pada wanita. 

Faktor penyebab anemia Aplastik

Penyakit ini ternyata juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor maupun jenis penyakit tertentu. Adapun faktor penyebabnya diantaranya adalah 

1. Adanya penyakit autoimun 

Penyakit autoimun sendiri dapat menyebabkan sistem imun akan menyerang sel-sel sehat termasuk adanya sel punca didalam sumsum tulang. Apabila penyakit ini tidak mendapatkan penanganan dengan segera maka akan menyebabkan terjadinya anemia Aplastik. 

2. Infeksi virus 

Infeksi virus yang menyerang seseorang ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang. Terdapat beberapa jenis virus yang mana dikaitkan dengan kemunculan anemia Aplastik seperti cytomegalovirus, virus hepatitis, parvovirus B19 hingga HIV. 

3. Adanya kelainan genetik 

Penyakit ini pun juga bisa disebabkan karena adanya kelainan genetik yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. 

4. Radioterapi dan kemoterapi 

Faktor penyebab penyakit anemia Aplastik yang berikutnya adalah akibat dari radioterapi dan kemoterapi. Kedua metode ini biasanya digunakan untuk mengatasi kanker. Tetapi terkadang metode pengobatan tersebut justru akan merusak sel punca yang terdapat didalam sumsum tulang belakang. 

5. Penggunaan obat-obatan tertentu 

Obat-obatan tertentu seperti antibiotik maupun obat untuk mengatasi shematoid arthritis ternyata juga dapat menyebabkan adanya kerusakan yang terjadi pada sumsum tulang belakang. Akibatnya dapat meningkatkan risiko penyakit anemia Aplastik ini. 

Apakah anda merupakan seorang pasien anemia Aplastik dan tengah mencari obat untuk menyembuhkan penyakit ini? toko Sehatq dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk menemukan obat untuk penyakit ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Anemia Aplastik Dengan Toko SehatQ, Lebih Mudah dan Cepat "

Posting Komentar