PERBEDAAN TREADMILL MANUAL DAN ELEKTRIK

 


Treadmill merupakan salah satu alat olahraga yang cukup banyak dimiliki oleh orang yang gemar berolahraga di rumah. Pasalnya, alat olahraga statis ini sangat efisien dan bisa digunakan untuk beragam gerak badan.  Secara umum, treadmill tersedia dalam model manual dan elektrik. Untuk tahu apa beda keduanya sebelum Anda membeli satu treadmill di situs yang jual treadmill online, simak dulu ulasan lengkap tentang perbedaan keduanya di sini!

Treadmill Manual

Sesuai dengan namanya, treadmill manual memiliki proses gerak secara manual yang memanfaatkan kekuatan pegas atau kayuhan dari kaki. Dengan kata lain, kecepatan lari Anda di atas mesin ini akan sangat bergantung pada seberapa cepat Anda mampu melangkah dengan kecepatan tinggi di atasnya.

Meski begitu, kelebihan treadmill jenis ini adalah dapat memberikan Anda kesempatan berlatih kardio. Sehingga, memungkinkan Anda membakar lemak lebih cepat dan banyak daripada treadmill elektrik apabila kecepatan, jarak, serta waktu latihan disamakan.

Selain itu, treadmill manual juga sangat hemat biaya listrik. Pasalnya, alat olahraga ini tidak membutuhkan daya listrik sama sekali. Kelebihan lain dari treadmill manual adalah memungkinkan Anda untuk berlatih lebih dari satu gerakan saja. Artinya, Anda bisa melakukan gerakan yang berbeda-beda dalam satu alat saja.

Treadmill Elektrik

Karena memiliki mesin penggerak bertenaga listrik, treadmill elektrik cenderung memakan daya listrik yang tidak sedikit. Menurut situs Gymfitnessindo.com, treadmill elektrik yang paling sederhana memiliki daya sekitar 735 watt atau 1 horse power (HP). Inilah kekurangan treadmill elektrik.

Berlainan dengan treadmill manual, treadmill elektrik pada umumnya tidak memiliki fungsi yang banyak seperti treadmill manual. Treadmill elektrik yang paling kompleks rata-rata hanya memiliki 4 fungsi yaitu untuk berlari, sit up, massage, dan twister .Tetapi, jika dilihat dari kualitas barang dan bahan, maka ada perbandingan yang cukup jauh antara treadmill manual dan treadmill elektrik. Melansir MG.co.id, treadmill elektrik pada umumnya memiliki material bahan yang lebih kuat dengan kerangka besi yang lebih tebal untuk menopang mesin. Maka dari itu, tidak heran jika harga treadmill elektrik terpaut jauh lebih mahal.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan treadmill manual dan elektrik. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menentukan tipe treadmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya. Ingatlah untuk membeli sesuai dengan keperluan, ya. Jangan sampai Anda tergiur harga murah supaya bisa berhemat, namun dalam waktu setahun harus mengganti yang baru. Semoga bermanfaat!

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERBEDAAN TREADMILL MANUAL DAN ELEKTRIK"

Posting Komentar