5 Manfaat Teknologi VR dalam Industri Keuangan




Perkembangan teknologi saat ini sudah mengambil peran penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam industri keuangan. Melansir dari tjip.com, saat ini industri keuangan sudah mengadopsi banyak teknologi canggih baik untuk meningkatkan layanan maupun menguatkan kualitas karyawan mereka. Untuk kebutuhan pelanggan, lembaga-lembaga keuangan menggunakan teknologi VR dan AR. Sedangkan untuk keperluan karyawaan, mereka menggunakan pelatihan VR. Memang, apa saja keunggulan teknologi canggih ini sampai banyak digunakan dalam industri keuangan? Simak ulasannya dalam artikel berikut!

Perdagangan Virtual

Perdagangan virtual atau virtual trading saat ini sudah banyak menggunakan teknologi VR sebagai basis transaksi. Salah satu media perdagangan virtual atau adalah Workstation Holographic. Pada media ini, skenario dan proses trading dilakukan melalui teknologi VR dengan elemen 2D dan 3D sebagai pendukung proses transaksi. Selain itu, teknologi VR juga sering diadopsi ke dalam sistem aplikasi manajemen untuk mempermudah pengguna mengakses trading tool dan algoritma yang dituju. 

Pelayanan Pelanggan

Saat ini tidak sedikit juga lembaga keuangan yang menggunakan teknologi AR dan VR untuk membantu meningkatkan user experience pada customer service mereka. Contohnya, rata-rata bank sudah memiliki aplikasi AR untuk membantu pelanggan menemukan bank atau ATM di sekitar mereka. Aplikasi AR juga membantu pengguna untuk mendapatkan informasi real-time tentang alamat lokasi, jarak tempuh, dan bantuan layanan yang tersedia. 

Pembayaran Virtual

Seiring meningkatnya kecanggihan serta kemelakan masyarakat tentang teknologi, lembaga finansial kelas dunia seperti MasterCard sudah mengalihkan metode pembayaran mereka ke dalam teknologi VR Payment. Bersama dengan Wearelity, MasterCard sudah menciptakan dunia VR, di mana pembeli atau pengguna dapat melakukan pembelian dengan leluasa di sana. Mereka juga menciptakan VR Golf Experience bernama “priceless”, yang pemainnya bisa membeli aksesoris berupa baju dalam virtual world. 

Cabang Virtual

Pengguna M-banking tentunya sudah merasakan kemudahan bertransaksi tanpa harus keluar rumah menuju ATM terdekat. Hal tersebut membuat beberapa bank ingin meningkatkan layanan mereka, salah satunya dengan menciptakan cabang bank virtual atau virtual branches. Teknologi ini dibuat untuk memudahkan pelanggan agar dapat lebih mudah mendapatkan layanan bank secara ekslusif melalui VR, sehingga pengguna tidak harus keluar dari rumah mereka. 

Pelatihan Tenaga Kerja

Terlepas dari bantuan teknologi, sebuah lembaga keuangan seperti bank harus tetap menjaga dan meningkatkan kualitas kinerja dari karyawan mereka. Lembaga keuangan terkait juga harus memperhatikan sistem rekrutmen yang tepat sasaran agar bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Oleh sebab itu, peran teknologi VR saat ini digunakan untuk membantu perusahaan dalam memilih, melatih kandidat, hingga membantu kerja dari tenaga kerja mereka. 

Itulah dia manfaat teknologi VR yang digunakan dalam industri keuangan. Semoga informasi di atas berguna, ya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Teknologi VR dalam Industri Keuangan"

Posting Komentar