Lidah Mertua



Pernah dengar tumbuhan lidah mertua? Sebagian dari Anda pasti ingin tertawa kecil mendengar namanya. Ya, di Indonesia, tumbuhan ini memang dipandang memiliki nama yang sangat unik. Tidak ada yang tahu pasti mengapa tumbuhan dengan daun yang meliuk-liuk panjang ini dinamakan demikian. Namun rupanya, di Indonesia ada cukup banyak tumbuhan yang diberi nama-nama unik.

Alam semesta menyimpan kekayaan hayati yang luar biasa beragam dan unik. Bukan hanya namanya saja, beberapa di antara flora unik ini memiliki bentuk yang tidak biasa pula. Apa saja tanaman dengan nama unik tersebut? Mari kita simak bersama poin-poinnya di bawah ini, untuk memperluas wawasan kita bersama.

1.  Sambung Nyawa
Tanaman yang bernama ilmiah Gynura Procumbens ini biasa disebut di Indonesia dengan nama tanaman Sambung Nyawa. Sambung Nyawa merupakan tanaman perdu yang tinggi tegak saat masih muda dan dapat merambat setelah daunnya cukup tua. Daun Sambung Nyawa memiliki wangi aromatik yang cukup kuat dan begitu khas, terutama apabila Anda meremas daunnya.
Ada banyak sekali khasiat dari tanaman Sambung Nyawa, di antaranya adalah sebagai obat kanker payudara, kanker Rahim, dan kanker darah. Caranya adalah dengan marebus kurang lebih tiga lembar daun Sambung Nyawa yang masih segar selama tujuh hari. Pengobatan ini dapat diperpanjang hingga 1 – 3 bulan, tergantung dari kondisi penyakit.
2.  Pasak Bumi atau Tingkat Ali
Tanaman Pasak Bumi atau lebih dikenal dengan sebuatan Tongkat Ali merupakan pohon semak tinggi yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama di kawasan hutan Sumatera dan Kalimantan. Tanaman yang memiliki nama latin Eurycoma Longifolia ini cukup dikenal sebagai tanaman obat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan, tanaman Tongkat Ali cukup banyak peminatnya, tertutama untuk kaum pria. Sebab, tanaman ini mengandung bahan aktif yang dapat memperbaiki kadar testosteron pada pria dewasa, serta memperlancar peredaran darah pada tubuh. Selain sebagai obat kuat, tanaman ini juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi, antibiotik, anti-hipertensi, anti-piretik, obat sakit perut yang ampuh, tonikum (multi-vitamin), hingga obat untuk pengidap malaria.
3.  Kumis Kucing
Tanaman lain yang memiliki nama unik adalah Kumis Kucing. Tanaman bernama latinOrthosiphon Aristatus ini termasuk tanaman dari family lamiaceae/Labiatae. Nama Kumis Kucing sendiri diambil dari bentuk tanaman ini yang memang mirip sekali dengan helai kumis kucing, mulai dari bentuk hingga warnanya yang putih bersih.
Selain dikenal dengan keunikan namanya, Kumis Kucing juga dikenal karena tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia. Pada umumnya, tanaman ini biasa digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, seperti pada luka di kulit atau gusi yang bengkak. Sifatnya sebagai antijamur dan antiradang, mampu mengobati reumatik, asam urat, penyakit batu ginjal, sebagai obat alergi, hingga mengatasi kejang-kejang.
4.  Bunga Bibir
Orang Indonesia mungkin jarang atua bahkan tidak pernah melihat tanaman yang memiliki nama ilmuah Psychotria Elata ini di hutan tropis Indonesia. Sebab, tanaman ini memang lebih banyak ditemukan di hutan hujan tropis wilayah Amerika Tengah dan Selatan, seperti Kolombia, Ekuador, Kosta Rika, atau Panama.
Dinamakan Bunga Bibir, karena bentuk bunganya sangat mirip dengan bentuk bibir manusia. Semakin mirip lagi, saat bunga ini sudah mengeluarkan warna merah merekah, persis seperti bibir manusia yang diberi lipstick. Namun jangan salah, khasiatnya sebagai obat-obatan sudah banyak dimanfaatkan oleh suku Indian sejak zaman dulu. Tanaman herbal ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit telinga, batuk, sesak nafas, biang keringat, hingga kerusakan pada paru-paru.
5.  Bunga Pukul Empat
Mirabilis Jalapa atau lebih dikenal dengan sebutan Bunga Pukul Empat adalah salah satu bunga asal Amerika yang memiliki banyak warna, di antaranya putih, kuning, ungu, merah muda, juga putih. Tanaman ini dinamakan Bunga Pukul Empat, karena bunganya hanya akan mekar ketika sore hari, tepatnya pada pukul empat sore.
Banyak yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias karena bentuknya yang indah ketika merekah, tetapi sebetulnya bunga ini bisa juga dimanfaatkan sebagai pembatas pagar dan obat herbal. Sebagai tanaman herbal, Bunga Pukul Empat bisa dimanfaatkan untuk meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, batu ginjal, batu empedu, hingga kencing manis.
6.  Bunga Terompet
Tanaman yang memiliki nama latin Allamanda Cathartica ini lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan tanaman Bunga Terompet Emas atau Bunga Lonceng Kuning. Hal ini karena tanaman ini memiliki bentuk yang serupa dengan lonceng atau terompet yang menggantung pada daunnya dengan warna kuningnya yang indah.
Bunga Terompet berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, sedang di Indonesia, bunga ini banyak ditemukan di dataran tinggi Puncak. Banyak yang mengetahui, bahwa tanaman ini semata-mata untuk tanaman hias semata. Padahal, tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai laksatif dan antibiotik, karena getah pada bunga ini mengandung sifat antibakteri.
7.  Bunga Bangkai
Pertam, perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa Bunga Bangkai yang dimaksud bukanlah Bunga Rafflesia Arnoldi. Sebab, seringkali orang salah kaprah mengira Bunga Bangkai adalah Bunga Rafflesia Arnoldi yang sebetulnya keduanya adalah tumbuhan yang berbeda.
Bunga Bangkai yang bernama latin Amorphophallus Titanium yang dimaksud merupakan tumbuhan suku talas-talasan yang endemik di Sumatera, Indonesia. Memang serupa dengan Bunga Rafflesia Arnoldi, bunga ini adalah tumbuhan terbesar yang ada di dunia. Saat mekar, bunga ini menjadi sangat besar dan tinggi, berbentuk seperti lingga yang dikelilingi oleh seludang bunga yang ukurannya sangat besar. Uniknya, banyak orang melihat bunga ini untuk “menikmati” baunya yang serupa bangkai.
8.  Pohon Darah Naga
Dracaena Cinnabari atau sering disebut Pohon Darah Naga merupakan tanaman asli Kepulauan Socotra, Yaman. Serupa dengan namanya, bentuknya pun unik menyerupai payung. Nama “Darah naga sendiri diambil dari getah pohonnya yang berwarna merah kental.

Itulah tadi beberapa tanaman dengan nama-nama unik yang dikenal di Indonesia. Dibalik namanya yang unik bahkan aneh, tanaman-tanaman ini memiliki banyak khasiat dari berbagai jenisnya, seperti halnya jenis lidah mertua yang bisa digunakan sebagai penyaring polusi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lidah Mertua"

Posting Komentar