Mengulas Tentang Apa Itu Penyakit Lupus, Ciri dan Cara Pengobatannya





Tak banyak orang yang mengetahui tentang penyakit lupus. Jika disebutkan penyakit autoimun, maka yang terbayang adalah penyakit HIV, padahal ada penyakit lainnya yang berkaitan dengan autoimun dimana salah satunya adalah penyakit Lupus. apa itupenyakit Lupus ? Lupus merupakan penyakit akibat peradangan pada organ manusia yang disebabkan karena sistem imun justru menyerang jaringan tubuh sendiri yang sehat. Kekeliruan ini disebabkan karena imun tubuh mengalami kebingungan antara membedakan sel sehat dengan bakteri atau virus yang seharusnya dilawan. Karena hal tersebut, organ di dalam tubuh mengalami kerusakan yang jika dibiarkan dapat berakibat kematian.

Lupus sendiri dibagi menjadi beberapa jenis antara lain:

  1. Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erimathosus / SLE).
Merupakan jenis Lupus yang terjadi di semua bagian organ di dalam tubuh terutama persendian, ginjal dan kulit. Lupus jenis ini ditandai dengan meradangnya bagian organ tersebut. Jenis ini merupakan jenis Lupus yang paling banyak terjadi.

  1. Lupus Eritematosus Kutanus (Cutaneous Lupus Erimathosus / CLE).
Merupakan komplikasi atau manifestasi dari peradangan di bagian kulit. Lupus jenis ini bisa berdiri sendiri atau merupakan bagian dari SLE.

  1. Lupus akibat penggunaan obat.
Beberapa obat tertentu memiliki efek samping pada penggunanya dengan gejala mirip Lupus. Obat tersebut antara lain Metyldopa, D-Penisilamin dan minocyslin.

  1. Lupus Eritematosus Neonatal.
Merupakan Lupus yang terjadi pada bayi baru lahir akibat autoantibodi. Ibu dari bayi belum tentu mengidap Lupus dan kondisi ini bisa membaik dengan sendirinya. Akan tetapi pada beberapa kasus bayi dengan Lupus ini membutuhkan alat pacu jantung karena terjadi Congenital Heart Block.

Penyebab Lupus sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Penelitian medis terakhir di Australia menemukan penyebab Lupus yaitu dari mutasi genetika yang terdapat pada 1% manusia di bumi. Mereka memiliki faktor resiko terkena Lupus yang jauh lebih besar dibandingkan orang lain. Selain itu ada juga orang dengan faktor resiko tinggi yang bisa terkena penyakit autoimun ini antara lain:

  • Usia 15 hingga 40 tahun merupakan usia yang paling banyak mengidap Lupus.
  • Wanita merupakan penderita terbanyak Lupus dibandingkan pria.
  • Ras Asia, Afrika dan Hispanik merupakan ras yang lebih banyak menderita Lupus.

Lalu bagaimana cara mengerti jika Anda terserang Lupus? penyakit ini memang sulit dikenali karena gejala yang ditimbulkan mirip dengan penyakit lainnya dan bisa berubah-ubah. Berikut ini adalah beberapa gejala Lupus yang bisa Anda waspadai agar dapat memberikan penanganan yang lebih cepat:

  • Merasakan sakit yang tiba-tiba di seluruh tubuh terutama untuk jenis Lupus Sistemik.
  • Lupus Kulit memiliki gejala rambut rontok, ruam merah yang bisa meninggalkan bekas, pitak permanen.
  • Rasa lelah yang ekstrem.
  • Nyeri pada persendian.
  • Sariawan yang selalu timbul.
  • Demam tinggi.
  • Hilang ingatan.
  • Jari tangan dan kaki membiru karena paparan sinar matahari.
  • Pembengkakan di pergelangan kaki.

Apakah Lupus bisa disembuhkan? Lupus hingga saat ini tidak bisa disembuhkan, namun penderitanya bisa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meringankan gejala Lupus hingga penderita bisa hidup normal atau mendekati normal. Pengertian apa itu penyakit Lupus diharapkan dapat memberi wawasan kepada Anda mengenai penyakit autoimun lain selain HIV. Untuk mendeteksi penyakit ini, memang tak bisa dilakukan hanya melalui gejalanya namun dapat lebih pasti diteliti melalui laboratorium pada uji C3 dan C4.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengulas Tentang Apa Itu Penyakit Lupus, Ciri dan Cara Pengobatannya"

Posting Komentar