Pecinta Durian? Kenali Manfaat dan Keburukannya Berikut Ini!


Pecinta Durian? Kenali Manfaat dan Keburukannya Berikut Ini!


Indonesia merupakan negeri yang kaya akan hasil alamnya. Salah satunya adalah buah-buahan yang beraneka ragam. Dari jenis buah yang banyak tumbuh di Indonesia, Durian yang disebut sebagai The King Fruit ini menjadi satu yang tak akan mudah dilupakan. The King Fruit memiliki bentuk yang paling besar dari berbagai jenis buah yang ada dimana di dalamnya terdapat beberapa daging yang lembut, lunak dan manis. Selain dikenal karena baunya yang menyengat sehingga sering dilarang untuk dibawa saat bepergian, The King Fruit ini juga dikenal karena duri di kulit luarnya. Karena rasanya yang enak, banyak orang menyukai buah ini hingga bisa makan dalam porsi yang besar. Namun sebelum Anda berpesta memanjakan lidah, sebaiknya mengenal terlebih dahulu manfaat dan keburukan dari buah kaya rasa ini.

Kelebihan buah ini yang populer di kalangan masyarakat hanya dari rasanya yang sangat enak, namun ternyata di dalam kandungannya, buah ini juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah kandungan di dalam The King Fruit dan manfaatnya untuk tubuh manusia:

  1. Anti oksidan.
Mengandung anti oksidan yang cukup tinggi, untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas di dalam tubuh dihasilkan dari sisa metabolisme dan radiasi serta polusi yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis termasuk kanker.

  1. Serat.
Buah ini juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Makan satu daging bijinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

  1. Tinggi kalium.
Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot, saraf, tulang dan pembuluh darah. Dengan makan buah durian ini Anda sudah memenuhi kebutuhan kalium.

  1. Tinggi karbohidrat.
Buah yang lezat ini kaya akan karbohidrat. Dalam satu buahnya mengandung 150 kalori yang bisa Anda gunakan sebagai sumber energi.

Tak dipungkiri memang bahwa buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungannya yang kaya akan nutrisi terutama karbohidrat dan anti oksidannya, buah manis ini bisa menjadi asupan gizi yang menyenangkan sekaligus mengenyangkan. Namun, jangan lupa bahwa ada keburukan juga yang bisa ditimbulkan oleh buah ini jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak. Berikut ini adalah beberapa keburukan dari King of Fruit untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak:

  • Mengandung gula tinggi. Bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini sama sekali agar tidak meningkatkan kadar gula Anda.
  • Menghasilkan enzim yang dapat mencegah pencernaan untuk mencerna alkohol sehingga jangan makan bersama dengan minum minuman beralkohol.
  • Bagi ibu hamil dan menyusui, jika ingin makan buah ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan makan hanya pada porsi yang kecil saja.

Pesona The King of Fruit ini memang bisa melenakan siapa saja hingga ada banyak kontes diadakan untuk memuja buah satu ini. Dibalik rasanya yang manis dan enak, juga tersimpan kandungan gizi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Namun durian juga memiliki keburukan tersendiri bagi mereka yang sudah memiliki kondisi medis tertentu terutama bagi penderita diabetes, obesitas dan ibu hamil serta menyusui. Meski begitu, Anda yang tidak memiliki kondisi medis tersebut, bisa mengkonsumsi daging buah ini dengan aman asalkan tetap pada porsi yang normal atau tidak berlebihan. Selain dimakan secara langsung, buah ini juga enak untuk dijadikan perasa makanan, atau dicampur dengan minuman dingin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pecinta Durian? Kenali Manfaat dan Keburukannya Berikut Ini!"

Posting Komentar